Selasa, 05 November 2013

Mobil Listrik Unik Ala Renault : Renault Twizy
















Mau mobil jenis city car yang kecil dan irit seperti sepeda motor? nah mungkin Renault Twizy bisa masuk perhitungan. Twizy merupakan mobil yang cukup unik karena sebenarnya lebih mirip skuter. Lihat saja bentuk fisiknya, mungil dan hanya ada 2 kursi dan tentu saja irit karena tidak pakai bensin tapi bertenaga listrik. Mobil ini akan dijual akhir tahun di Eropa dengan tiga varian, yaitu Twizy bertenaga 5hp, dan dua varian Urban dan Teknik masing-masing bertenaga 17hp. Untuk kecepatan, Twizy tenaga 5hp bisa mencapai 45 km/jam, sedangkan Urban dan Teknik bisa mencapai 80 km/jam. Wow dibanding motor biasa cukup lambat juga ya, namun anda tidak akan kehujanan atau kepanasan lagi iya kan?

Entah apakah mobil ini akan masuk Indonesia (yang sepertinya agak mustahil karena pemerintah Indonesia mengenakan pajak gila-gilaan untuk mobil listrik), namun di Eropa Twizy di banderol 6990 Euro atau Rp 85 jutaan, sedangkan Urban dan Teknik dijual kisaran 7.690 Euro dan 8.490 Euro, dan jangan lupa biaya sewa baterai bulanan 49 Euro.

Secara dimensi mobil ini memiliki panjang 2.337 mm, lebar 1.191 mm dan tinggi 1.461 mm. Twizy duduk di atas roda 13-inch, yang memakai 125 � 80 depan dan 145 � 80 karet belakang.

Baterai Lithium Ion Twizy bisa di isi ulang dalam waktu 3,5 jam menggunakan pasokan listrik rumah tangga melalui kabel spiral disimpan di balik flap di depan. Berat Twizy's sekitar 450kg, 100kg termasuk baterai. Sekali charge bisa berjalan 100 km.

Fasilitas tambahan lain adalah tas barang dengan daya tampung 50 liter (lihat gambar dibawah), kit Parrot audio (termasuk konektivitas Bluetooth, plus konektor USB, soket jack dan konektor Apple), sensor parkir belakang, perlindungan tambahan terhadap cuaca dan berbagai opsi kustomisasi seperti velg berwarna dan decals. Hmmm anda tertarik?



















































































Sumber:
http://paultan.org/2011/05/13/renault-twizy-looking-to-bowl-over-the-scooter-crowd/

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates