Selasa, 05 November 2013

Unik! Desa Ini Rumah-rumahnya Memiliki Desain Seperti Pesawat UFO

Bayangkan sebuah desa yang seluruh desain rumahnya berbentuk unik atau tak lazim....nominasi saya adalah rumah Dome di Yogyakarta dan sekitarnya. Nah ternyata ada lagi sebuah wilayah yang memiliki desain rumah yang sangat unik. Ternyata di China ada sebuah desa yang desain rumahnya bak sebuah UFO yang mendarat di kawasan pertanian, penasaran? Tulou namanya.



















Tulou adalah sebuah bentuk rumah komunal berbentuk lingkaran atau mirip UFO di daerah Cina Selatan provinsi Fujian yang didirikan oleh etnis Hakka yang dibangun antara abad 12-20.
























Rumah-rumah Tulou ini berbentuk bundar dengan bagian luar yang minim ornamen, kenapa? karena rumah ini juga berfungsi sebagai benteng (China di masa lalu tidak terlalu aman karena adanya para penjahat dan penjarah desa). Rumah-rumah ini membentuk cluster-cluster khusus. Minimal satu rumah Tulou bertingkat satu dan dihuni satu keluarga, namun untuk keluarga besar yang cukup kaya Tulou bisa setinggi 3-4 lantai dan bisa didiami sampai 70 keluarga, wow keren juga.
























Bagian dalam dari Tulou, karena bangunanya berbentuk lingkaran atapnya juga berbentuk lingkaran. Bagian tengah berfungsi untuk ruang gerak penghuni.
























Dinding Tulou bagian bawah memiliki tebal 1,5 m, semakin keatas semakin tipis. Dinding yang tebal ini terbukti sangat berguna ketika menghadapi musim dingin dan musim panas, dan tentu saja menghadapi para penjarah dan perampok. Untuk Tulou berlantai 3-4 bagian bawah untuk keperluan dapur dan menyimpan makanan sedangkan lantai 3 dan 4 untuk kamar-kamar.


























Umumnya Tulou dibangun diatas tanah yang diberi perkerasan batu. Mungkin karena kebanyakan Tulou dibangun di daerah pegunungan sehingga perkerasan batu memberi fondasi yang lebih mantap.

Yuchanglao

























Tulou tak ubahnya sebuah apartemen dengan pintu dan jendela yang menghadap ke bagian dalam.

Gerbang Utama


































Karena berfungsi sebagai benteng, Tulou biasanya hanya memiliki satu pintu utama, gambar diatas adalah Pintu Utama Tulou.

Lubang senapan

























Bangunan di desain secara efektif untuk pertahanan seperti tampak gambar diatas, penembak bisa melakukan serangan dari lubang di jendela atas Tulou.

Sumur Tulou

























Kebutuhan air bisa dipasok oleh sumur yang berada ditengah Tulou, untuk Tulou mewah biasanya tiap unit rumah memiliki sumur sendiri.

Chuxi Tulou



















Walaupun sama-sama disebut Tulou, namun tiap cluster desainnya bisa beragam, gambar diatas adalah Chuxi Tulou. nampak juga Tulou berbentuk kotak yang dinamakan Fang Cai (Benteng Kotak) sedangkan yang bulat dinamakan Yuen Cai (Benteng Bulat).

Jiqing Lou

























Gambar diatas adalah Jiqing Lou, dianggap sebagai Tulou bundar terbesar dengan dua bagian utama, cincin luar setinggi 4 tingkat dan bangunan kedua terletak ditengah Tulou.

Chengqi Luo























Zhenceng Lou, bangunan ini memiliki 4 ring bangunan dan ditengah-tengahnya terdapat bangunan untuk aula dan persembahan kepada leluhur.

Tianluokeng Tulou























Cluster Tianloukeng Tulou, merupakan Fang Cai yang diapit sama Yuen Cai. Fang Cai ini bernama Buyunlou.

Hekeng Tulou Cluster

Banyak yang menafsirkan macam-macam desain bangunan Tulou, situs tempat penulis merujuk menganggap bangunan ini seperti donut raksasa, dimata penulis lebih mirip bentuk UFO, Amerika malah mengira bangunan ini sebagai lokasi peluncuran missil, namun apapun julukannya Tulou sekarang menjadi bagian kebudayaan dunia dengan pengakuan UNESCO sebagai World Heritage.

Sumber:

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates