Selasa, 05 November 2013

Visual Basic

Cara bikin stop motion
Pertanyaan ini sering banget ditanya. Sayangnya belum bisa gue jawab karna terlalu panjang. akhirnya gue bisa jelasin lewat blog gue ini. 40% film film di youtube gue menggunakan teknik stop motion. bisa dibilang, sebenernya bikin stop motion itu gampang, cuma butuh kreatifitas dan kesabaran yang sangat sangat mendalam. oke, kali ini gue bakal ngejelasin apa itu stop motion, cara bikin stop motion, dan tips&trick cara bikin stop motion. lets goooo..
Stop motion apaan tuh?
menurut wikipedia sih stop motion adalah teknik animasi untuk membuat suatu objek yang dimanipulasi secara fisik sehingga kelihatan bergerak dengan sendirinya. menurut gue, stop motion adalah animasi nyata yang merupakan gabungan dari beberapa foto yang sehingga jadi video.

Bikin stop motion gimana sih?
yang kalian butuhin adalah:
http://3.bp.blogspot.com/-N5igNkqTmhU/Tlh97GlMbOI/AAAAAAAAAZU/ynfwfQoWYik/s400/SM.jpg
1.Ide cerita dan kreativitas
2.Kamera pocket, kamera SLR, Handycam, kamera Handphone,dll
3. Tripod (ini penting!! untuk menjaga kestabilan kamera)
4. Software komputer seperti Windows movie maker, Corel video studio pro, dll

STEP 1
Untuk saat ini, anggap kalian mau bikin selimut gerak sendiri. Lalu siapkan kamera dan tripod, arahkan ke selimutnya. Foto selimutnya, geser selimutnya, foto selimutnya, geser lagi selimutnya, foto lagi, geser, dan seterusnya. hasil foto sebagai berikut:
http://2.bp.blogspot.com/-9qn6BO1LLA0/TliAcTE6kjI/AAAAAAAAAAc/cjlYVDnMhBM/s400/example.jpg

STEP 2
masukan hasil fotonya ke komputer. Buka Windows movie maker (WMM) dan import foto2 yg tadi ke WMM. Select semua files foto yang udah di import (ctrl+A), lalu klik TOOL > OPTION > KLIK ADVANCED, lalu ubah picture duration nya (semakin kecil durasinya, semakin cepat perpindahan fotonya. semakin besar durasinya, semakin lambat perpindahan fotonya) disarankan durasinya dibawah 1 detik. lalu Drag semua foto di jendela movie maker ke video TimeLine Bar

http://1.bp.blogspot.com/-DXj-e0RtjbE/TliELXZBzoI/AAAAAAAAAZc/syamGuHid1w/s400/tutorial.jpg

Dan automatis gambar udah tersusun sesuai durasi yang tadi kita atur. Coba sekarang Play videonya. Kurang musik ya? Kalo mau tambah musik.. Import dulu musiknya ke windows movie maker. lalu drag ke bagian musik bar di bawah timeline. dan kalian bisa atur panjang pendek lagu tersebut. Nah! kalo udah selesai, Klik FIle > Save Movie Files / Publish Movie. selesai deh! tinggal di upload ke youtube dan share ke yang lain :D

INI HASIL VIDEO YANG GUE BIKIN
________________________________________________________________

Kalo kalian masih kurang jelas dan masih bingung. bisa liat video tutorial ini. ini bukan punya gue, jadi sorry ya kalo bahasa inggris.


_______________________________________________________________

Terus, Tips and tricknya apa aja tuh?

1. Cari inspirasi disekitar lo, misalnya lo liat mobil lagi jalan. terus pikirin apa ya benda yang bisa jalan kayak mobil?
2. Sebelum bikin, lo harus tau tujuan pembuatan stop motion buat apa dan untuk siapa. Lalu bisa nentuin tema utk videonya. misalnya untuk pacar, otomatis tema nya romantis. Untuk ultah temen, tema nya have fun, atau bahkan untuk lomba yg tema nya udah ditentuin.
3. pikirikan lagu yg cocok utk tema. Cari lagu yang Seger, Semangat, Gak galau, Gak slow, dan ada beat-nya. (ex: black eyed peas, katy perry, lady gaga, dll)
4. kita resapin yg dalam-dalam lagunya. Terus bayangin deh video yg bakal kamu buat. Usahain bagian awal dan reff itu beda konsep, biar lebih menarik/ada klimaks.
5. Kalo butuh temen untuk bantuin bikin video, jangan ajak temen yang rewel dan ga sabaran. trust me, mereka menghambat kinerja hahaha
6. sabar dan jangan males! gue yakin kalo lo sabar, hasilnya bakal maksimal
7. untuk video 3 menit, diperlukan sekitar 500-1000 foto. jadi lo harus siap mental
8. Bikin stop motion lebih enak rame-rame sama temen. dijamin FUN! dan rasa capeknya jadi kurang.
9. upload videonya di youtube, terus minta saran sama orang lain. jadi kalian tau apa kekurangannya dan bisa memperbaiki di video stop motion selanjutnya
10. Kalo banyak yang bilang jelek, jangan nge-down, justru lo tunjukin ke mereka suatu saat lo yang bikin mereka kagum.

GOOD LUCK! dan inget, SABAR!


0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates