Sabtu, 28 September 2013

SERAMBI MEKKAH TIDAK HANYA DI ACEH


Aug 23, 2008 at 02:00 PM
12019645APA yang terlintas dalam benak kamu, saat mendengar “Serambi Mekkah” ?, atau ada diantara kamu yang baru kali ini mendengarnya? Serambi mekah telah umum dikenal sebagai nama daerah propinsi paling barat di Indonesia, yaitu Propinsi Daerah Istimewa Aceh, atau sekarang dikenal dengan Nanggroe Aceh Darussalam. Tapi tahukah kamu, bahwa ada nama tempat di Indonesia yang juga mendapat julukan serambi mekkah, dimanakah itu?
Mengapa Aceh disebut sebagai serambi mekah? banyak sekali penjelasannya, diantaranya adalah karena di sana budaya nya amat kental dengan nuansa Islami, bahkan jika kamu melihat sejarah, butuh waktu lama sekali bagi penjajah Belanda untuk menaklukkan Aceh, karena kegigihan rakyat Aceh yang didasari oleh Syari’at Islam. Penjelasan lainnya adalah karena Aceh pernah menjadi tempat ”mendidik” para calon jemaah Haji yang akan berangkat haji ke Mekkah.
11611887Di Sumatera Barat, ada juga kota yang dijuluki sebagai Serambi Mekkah, yaitu kota Padang Panjang. Kota sejuk yang terletak pada jalur lalulintas Padang-Bukittinggi, adalah kota yang banyak memiliki pesantren, atau tempat pendidikan khusus bagi teman-teman kamu yang beragama Islam. Di kota itu juga diberlakukan aturan mengenakan busana yang sesuai dengan kaidah Islam.
IMG_3707Jadi, jika Aceh memiliki julukan sebagai daerah/propinsi Serambi Mekkah, maka Kota Padang Panjang pun memiliki julukan sebagai Kota Serambi Mekkah.
Sudahkah kamu mengunjungi kedua tempat itu? Atau barangkali ada diantara kamu yang kebetulan tinggal di daerah tersebut? Coba ceritakan berbagai hal tentangnya, teman-teman kamu yang lain pasti senang mendengarnya.***
(dari berbagai sumber)
(foto istimewa)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates