Sabtu, 28 September 2013

Proses Terciptanya Bumi

 Menurut sebuah teori awal terciptanya jagat raya ini dimulai dengan sebuah ledakan besar yang kemudian dari percikan api yang terlempar mulailah tercipta planet-planet beserta bintang (Matahari). Adapun proses terjadinya bumi adalah sebagai berikut ini:0

A. Zaman Archaeikum.
Zaman ini berlangsung kira-kira 2.500 juta tahun yang lalu. Bumi masih dalam keadaan panas di atas 6.000°C. Pada masa ini belum memungkinkan adanya kehidupan di muka bumi ini.
B. Zaman Palaeozoikum
Zaman ini berlaku 500 – 300 juta tahun yang lalu. Suhu di muka bumi sudah mulai menurun namun proses pembentukan permukaan bumi masih sangat labil. Tanda-tanda kehidupan sudah mulai tampak. Penghuni bumi pada waktu itu berupa makhluk yang kecil (mikroorganisme) dan bersel satu. Mereka berevolusi menjadi reptil, ampibi, dan berbagai jenis ikan.
C. Zaman Mesozoikum
Masa ini berlangsung sekitar 250 – 140 juta tahun yang lalu. Panas iklim dan suhu bumi masih seragam. Hutan-hutan luas mulai terbentuk dan menutupi permukaan bumi. Perkembangan makhluk hidup yang ada di atasnya berjalan maju, artinya makhluk hidup bertambah besar dari segi fisik. Zaman ini ditandai dengan munculnya reptil-reptil besar yang kita kenal dengan nama dinosaurus.
D. Zaman Neozoikum atau Kainozoikum
Berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu. Zaman Neozoikum terbagi menjadi dua zaman, yaitu Tersier dan Kuarter.
a. Tersier, terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada masa ini dinosaurus masih berkuasa di bumi, namun perkembangannya semakin lambat, sementara hewan primata dan mamalia mulai berkembang dengan pesat.
b.  Kuarter, merupakan zaman yang terjadi 600.000 tahun yang lalu. Zaman ini juga terbagi dua berdasarkan proses mencairnya es-es di daerah kutub. Kedua periode zaman tersebut adalah sebagai berikut.
1)  Pleistosen (diluvium) atau disebut juga the ice age (zaman Es). Pada masa ini, keadaan iklim di bumi tidak stabil, kadang suhunya naik dan kadang turun. Ketika suhu di bumi naik maka secara otomatis pula akan membuat es-es di daerah kutub bumi akan mencair. Akibatnya, permukaan bumi terendam dan makhluk hidup lainnya mati. Setelah suhu bumi menurun, mulailah terbentuk gunung-gunung es baru. Namun, pembentukan bumi seperti keadaan sekarang ini terjadi setelah es itu mencair dan mengering, seiring dengan hangatnya kembali suhu bumi. Zaman kuarter menjadi sangat penting karena pada zaman inilah manusia purba mulai muncul. Adapun jenis manusia purba yang muncul pada zaman ini adalah jenis Pithecanthropus.
2)  Holosen (alluvium). Zaman ini berlangsung sejak 20.000 tahun yang lalu. Pada masa ini, keadaan  bumi sudah stabil dan kehidupan di muka bumi pun terus berkembang, seiring dengan proses evolusi makhluk hidup tersebut. Adapun manusia purba yang hidup pada masa itu adalah Homo Sapiens. 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates